Air Mineral Dari Ais Kutuk Utara Paling Mahal, RM440 Sebotol

ice
AIR mineral yang dikatakan paling bersih, tanpa sebarang pencemaran, boleh diperolehi daripada cairan ais dari Kutuk Utara.

Begitupun, untuk mendapatkannya bukanlah mudah dan kerana itu ada seorang pengusaha dari Norwey bernama Jamal Qureishi yang mengusahakannya.

Air mineral yang dinamakan Svalbardi dijual dengan harga sangat mahal seperti dilaporkan Dailymail.com, Isnin lalu sebotol air minuman itu dijual dengan harga 80 pound sterling atau setara dengan RM440 Sebotol.

Harga mahal ini disebabkan karena air minuman tersebut sukar diperolehi. Disebut sebagai air mineral paling murni di dunia, Svalbardi disuling dari sumber air yang terletak di gunung ais Artik di Kutub Utara.

Nama Svalbardi diambil dari nama desa terpencil di pelosok Norwey dekat Kutub Utara. Untuk mendapat sumber air tersebut, penguasaha harus mengadakan ekspedisi ke sebuah kepulauan yang tanpa penghuni. Ekspedisi tersebut pun hanya dapat dilakukan dua kali dalam setahun bagi mendapatkan 13,000 botol air menuman berkenaan.

Ide munculnya air minuman dengan botol keemasan Svalbardi pertama kali dicetuskan oleh seorang ahli perniagaan Wall Street keturunan Norwey-Amerika, Jamal Qureshi.
ice1
Pada 2013 lalu ia melakukan ekspedisi ke Kutub Utara dan mencoba air dari kepulauan terpencil tersebut dan ini yang kemudian memberinya idea untuk membuat air minum Svalbardi.

Qureshi mengatakan, Svalbardi bersumber dari gunung ais yang mencair yang salji pertamanya jatuh pada 4000 tahun lalu. Karena ais memandat sebelum adanya kepanasan bumi akibat era industri di dunia, pencemaran bagaimanapun tidak mampu mencemari sumber ini.

Hasil uji makmal menunjukkan air minuman Svalbardi sangatlah bersih, tidak ditemukan jejak kekotoran apapun dari nitrat hingga arsenik.Terlebih lagi, air ini seluruhnya diproses semulajadi tanpa melalui filter yang dapat mengubah susunan kimia air.

“Saat pertama kali melihat hasil makmal, badan pemerintah Norwey bidang makanan tercengang akan kualiti air Svalbardi dan langsung memberikan persetujuan,” jelas Qureshi.

Department Store di London dikabarkan akan mulai menjual air minum eksklusif satu ini dengan tumpuan pasaran kepada golongan ber[pendapatan atas.

Selain hanya memberi fokus yang datang dari kalangan atas, artis Hollywood Matt Damon merupakan salah satu penggemar produk ini. Produk ini akan dijual mulai bulan Mac akan datang. – Liputan6

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s